Akrabnya Boedi Utomo dan Freemasonry

9 Mar

Boedi Utomo (BU) anggaran dasarnya dalam bahasa belanda. Bukan organisasi nasionalis dan merakyat, tapi lebih cocok sebagai organisasi para priyayi, elit jawa saja. Bekerja sama dengan penjajah belanda. Akhirnya bubar di tahun 1935.

Masa pergerakan 1908, antara Boedi Utomo dan Vrimetselarij terjalin hubungan yang erat. Sebenarnya Boedi Utomo sangat membenci ajaran nasionalisme, bahkan sangat menginginkan gerakan kejawen yang anti gerakan Islam. Pernah tercatat organisasi ini menolak pengajian keislaman dalam tubuh Boedi Utomo yang merupakan usulan KH Dahlan, padahal senior. Sikap negatif terhadap Islam ditunjukkan oleh Dr. Soetomo. Sikap anti Agama ini merupakan doktrin yang digembar-gemborkan ajaran theosofie yang sekuler. Tokoh Islam ada yang hampir masuk ke gerakan ini.

Freemasonry disebut juga Vrijmetselarij (Belanda) atau Masuniyah (Arab), secara harfiah free artinya merdeka sedangkan masonry berarti membangun. Arti keseluruhannya : Kelompok Merdeka yang Sedang Membangun. (Membangun apa? New World Order / Novus Ordo Seclorum)

Keberadaannya sudah ada sejak lama bisa dirunut hingga era perang salib dilihat dari tradisi ritual mereka. Konon mereka mengklaim Mesir adalah tanah leluhur mereka, sehingga symbol – symbol yang sering mereka gunakan kebanyakan erat sekali hubungannya dengan kebudayaan Mesir. (Piramid, dewa Horus, burung, dll). Mason ini memang sangat senang sekali bermain – main dengan symbol. (kenapa? penulis juga tidak menyebutkan alasannya. Ada yang tahu?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: